Mengenal Aplikasi Scratch, Media belajar coding untuk anak usia dini

Apakah bunda-bunda semua sedang ada problem anaknya ngegame aja. Ini ada aplikasi web dan aplikasi playstore yang bagus buat belajar anak tentang coding secara visual, jadinya gak ngegame terus malah bisa buat game sendiri, selain itu juga bisa membuat animasi sendiri dan ini bagus buat anak-anak. Nama aplikasinya adalah Scratch. Menurut Wikipedia.com Scratch adalah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Scratch di buat dan dikembangkan oleh MIT Media Lab, salah satu Lab yang dipunyai Massachusetts Institute of Technology, Sekolah teknologi terbaik dunia. Untuk memainkan Scratch cukup masuk ke web scratch di sini atau bisa di download di sini untuk bermain secara offline.kalau menggunakan smartphone download aplikasi di play store. Untuk tampilan scratch seperti di bawah ini.

Setelah itu mendaftar dengan cara klik join Scratch, kalau sudah punya akun tinggal login saja.Nanti muncul pertama adalah interface (antarmuka) dimana dibagi stage area, block palette dan area coding. Untuk membuat awal klik create, kemudian mulai otak atik animasi yang ingin di buat setelah selesai dan ingin menjalankan maka tekan bendera hijau. Berikut Cara mendaftar di scratch :



Setelah masuk akan ada interface (antarmuka) dimana di bagian bawah merupakan bagian blok pallete berisi block blok operator yang berisi perintah, misal berjalan, loncat, dsb. Untuk seluruh bahan-bahan mulai dari background, gambar, suara sudah disediakan di perpustakaan scratch, tinggal mengambil saja, Bahkan bisa membuat sendiri.



Berikut contoh pemograman scratch :



Sumber :

https://en.scratch-wiki.info/

https://www.prasetyorini.com

https://danilearn.wordpress.com

https://id.wikipedia.org



weha

No comments:

Post a Comment