Cara Membuat Ketupat Instan (20.30.20.30)

Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa, berbentuk kantong segi empat dan sebagainya, kemudian direbus, dimakan sebagai pengganti nasi. Saat hari raya Idul Fitri ketupat kerap menjadi primadona sebagai pelengkap menu utama.

Teknik masak ketupat 20-30-20-30, maksudnya adalah masak ketupat dalam air mendidih selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan 30 menit di kompor, lalu masak lagi ketupat selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan lagi ketupat selama 30 menit.

Namun, karena bisa dibilang instan, ketupat ini hanya bertahan maksimal 1 hari saja. Jadi jika hendak memakai cara ini masak secukupnya saja ya.

Bahan-bahan
Selongsong ketupat janur (sy: 8 buah ukuran kecil)
Beras (sy : 1 1/2 cawan takar magic com)
Air

Langkah
1. Cuci beras seperti biasanya, lalu masukkan ke dalam selongsong ketupat yang telah disiapkan. Caranya, buka ujungnya pelan (pada sudut kuncian selongsong janur), masukkan beras menggunakan sendok. Isi selongsong dengan beras sebanyak 1/2 atau maksimal 3/4 bagian ketupat. Lakukan hingga semua ketupat terisi.

2. Tampung air di dalam panci. Perkirakan seluruh badan ketupat terendam. Lalu masak di atas kompor hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan ketupat. Setelah itu mulailah perhitungan metode memasaknya. Masak ketupat dalam air mendidih selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan 30 menit di kompor, lalu masak lagi ketupat selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan lagi ketupat selama 30 menit. Selama proses itu panci dalam kondisi tertutup ya.

3. Setelah perhitungan waktunya lengkap atau selesai, matikan kompor dan tiriskan ketupat. Lalu gantung (diangin-anginkan), baru bisa dinikmati atau dipotong-potong.

Selamat mencoba.

Najiyyatul Ummah

No comments:

Post a Comment