Mengenal Tokoh Dibalik Layar Drama Korea

Source: pixabay.com
Tiga tahun yang lalu saya pernah menulis sebuah artikel tentang drama Korea dan sinetron Indonesia di UC News. Akun saya di outlet berita UC Web, bisnis milik Alibaba tersebut, sudah tidak pernah saya buka. Alasannya sepele, lupa password, gezz!  Hal yang tampak sepele, tetapi akibatnya gak sepele banget.  Fyi, menulis di UC News buat saya adalah kesempatan perdana menulis mendapatkan fee.  Jika diteruskan, seharusnya jalan lebar buat mamak berdaster ini mengumpulkan rupiah.  Sayang, qadarullah, sudah berusaha mencari cara mendapatkan password-nya, tetapi belum berhasil juga. Sekarang InsyaAllah sudah saya ikhlaskan. Sepertinya masih disuruh Allah untuk mengumpulkan ilmu dulu di tempat lain.

Apalagi nengok tulisan saya di platform tersebut, ternyata sudah diakuisisi oleh akun lain. Ya, seperti itu contoh “permainan politik” di dunia digital. Mengingat artikel tersebut adalah tulisan saya, InsyaAllah saya tidak salah kan ya jika membagi ulang disini. Bismillah.

Oke deh, setelah curhat yang panjang di atas, sekarang saya mau back to the topic!

Source: pixabay.com

WHY DRAKOR?

Membicarakan soal drama Korea saya yakin tidak ada ‘matinya’. Apalagi selama pandemi masyarakat diharuskan stop kegiatan di luar rumah.  So, salah satu kegiatan untuk mengisi waktu di rumah pasti menonton. Drama Korea pastilah pilihan banyak orang, khususnya kaum hawa ya. Anda termasuk juga?

Jika Anda tahan berlama-lama menonton drakor, pastinya Anda sudah ‘tersihir’. Etapi, tentu saja ini bukan sihir dalam arti mistis ya, tetapi lebih kepada tertarik mengikuti episodenya terus menerus. Barangkali ada yang menonton lantaran tertarik pada penampilan tokohnya.  Tetapi, saya yakin meskipun wajah tokoh super tampan dan cantik, kalau alur ceritanya tidak asyik pasti cepat ‘pindah haluan’.  Jadi, saya yakin tema dan alur cerita dalam sebuah drama itu penting ya.

Nah, dibalik cerita itulah ada satu sosok yang penting.  Kalau dalam desain rumah yang cantik, sosok tersebut bernama arsitek, maka dalam drama Korea adalah penulis skenario.

PERAN PENULIS SKENARIO DALAM DRAKOR

Penulis skenario adalah seseorang yang menentukan nasib para tokoh di dalam ceritanya. Penulis skenario di Korea memiliki skill yang sangat baik. Mereka akan melakukan pengamatan yang mendalam untuk membuat sebuah drama. Mulai dari menciptakan karakter hingga alur plot yang menarik.

Dilansir dari aurantii.wordpress.com, di Korea Selatan penulis skenario drama bisa lebih terkenal dari aktor atau aktrisPenulis skenario drama yang sukses akan memilih sendiri pemeran dalam dramanya. Skenario yang hebat tidak akan melahirkan drama yang hits dan membuat para pemeran jadi lebih terkenal, tetapi juga bikin penontonnya susah move on.

Source: gempak.com

Seperti drama The World of The Married yang mendapatkan banyak perhatian. Dilansir merdeka.com (retrieved 20/5/2020), sejak penayangan episode pertama, rating drama ini kian melonjak. Hingga episode 16, drama ini mencetak rekor baru sebagai drama dengan rating tertinggi yang pernah dicapai oleh drama di jaringan televisi kabel Korea.

Namun, dibalik kesuksesan drama ini, khususnya di Indonesia, sepertinya penulis skenario dibalik drama ini kurang diperhatikan.  Hingga usai drama ini lebih banyak yang membahas “mengapa ini dan itu, tentang kehidupan dalam drama tersebut’. Bagus sih, memang seperti itu “sihir” drakor, seakan nyata. Tapi, setelah usai seharusnya penonton memahami. Itu hanya satu bagian episode dalam kehidupan seseorang, nasibnya sudah ditentukan. Dan yang menentukan adalah sang penulis skenario, dengan banyak pesan yang ingin disampaikan dan berharap bermanfaat. Pada tayangan khusus behind the scene, saya dibuat kagum oleh otak dibelakangnya. Sayangnya, tidak ada ulasan khusus tentang tim dibalik layarnya ya,

Fyi, penulis skenario drakor The World of The Married bernama Joo Hyun. Saya berusaha mencari fotonya, tapi belum ketemu, sama sekali! Yang pasti karya lain dari penulis tersebut diantaranya adalah Revolutionary Love (2017) yang dibintangi Siwon dan My Horrible Bos (2016)

Source: hiburan.dreamers.id

Penulis skenario yang terkenal lainnya adalah Kim Eun Sook. Drama-drama karya Kim Eun Sook selalu masuk dalam deretan drama yang booming. Beberapa diantaranya, Secret Garden (2010), Gentleman’s Dignity (2012), Heirs (2013), Descendants of The Sun (2016), dan Goblin: The Lonely and Great God (2016 – 2017). Penulis yang satu ini diberi julukan ‘prince maker’ karena seringkali membuat aktor dalam dramanya menjadi lebih terkenal dan dicintai oleh pemirsa. Trade mark drama buatan Kim Eun Sook adalah romantis yang berlebihan. Kim Eun Sook sangat tahu bagaimana alur cerita romantis yang diidamkan para wanita. Keunggulan tulisan Kim Eun Sook juga terlihat pada dialog-dialog yang keren dan selera humor yang disukai banyak orang.

Source: kholic.id

Kedua, Hong Sisters. Duet maut dua penulis bersaudara ini telah melahirkan sejumlah drama populer. Beberapa drama bukti kesuksesan mereka adalah My Sassy Girl Choon Hyang (2005), My Girl (2005 – 2006), You’re Beautiful (2009), My GirlFriend is Gumiho (2010), Master’s Sun (2013), dan Warm and Cozy (2015). Drama karya mereka lebih sering bergenre komedi romantis. Namun begitu, Hong Sisters pintar dalam membuat karakter-karakter unik dan mudah diingat sehingga drama-drama karya mereka memiliki kesan tersendiri di benak pemirsa dan tidak akan pernah terlupakan.

Penulis-penulis skenario drama Korea tersebut memperlihatkan bahwa masing-masing penulis memiliki keunikan msing-masing. Sehingga karya yang mereka hasilkan pun memiliki kekhasan dan menciptakan karakter serta cerita yang beragam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi ya.

Next, saya akan menulis tentang penulis skenario di Indonesia, sebagai pembanding ya.

Salam Bintu Tsaniyah,

Tabik.

 

 

Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar