Resep Simpel Sate Taichan, Pasti Mantul!

Di masa pandemi seperti sekarang ini, ayam mungkin menjadi salah satu sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Tentu saja setelah telur. Malah ada fenomena di beberapa daerah harga ayam menurun drastis. Meski ini bukan hal yang baik untuk peternak ayam, tapi bagi masyarakat ini semacam keberuntungan ya. Ya, apapun bersyukurlah saja, tentunya para peternak ayam, jika ikhlas InsyaAllah suatu saat rezeki akan diganti.

Kembali ke soal ayam. Seringnya membeli ayam tentunya bisa bikin bosan ya (dalam hati bersyukur bisa membeli ayam). Apalagi kalau bosan itu terdengar dari celotehan si kecil. Emak bisa pusing tujuh keliling ya. So, perlu ide kreatif setiap saat untuk mengatasinya. Saya putuskan untuk mencari di laman Cookpad.  Dan menemukan resep yang simpel, karena hanya memakai teflon. 

Fyi, sate taichan adalah sebuah varian sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Asal sate ini masih simpang siur.  Ada yang mengatakan dikenalkan oleh orang Jepang, ada pula yang menyebutkan dari orang Korea Selatan.  Namun, apapun itu, masakan ini popular dan  rasanya mantap juga. Alhamdulillah mantul! Sensasi pedas, asam, asinnya pas. Yuk, cobain!

RESEP 
Bahan-bahan:


250 gram ayam fillet, potong dadu 1x1 cm/ sesuai selera
15-20 Tusuk sate
Bahan marinasi:
1/4 sdt garam
1/2-1 buah jeruk limau, peras airnya
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdt bawang putih bubuk (me: kaldu ayam bubuk)
Bahan sambal:
3 buah cabai rawit merah (me: 5)
5 buah cabai rawit keriting
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 ujung sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
2 lembar daun jeruk
1/2-1 jeruk nipis
100 ml air
1 sdt minyak
Secukupnya minyak untuk olesan saat memanggang


Langkah:

1. Marinasi ayam, diamkan di kulkas selama 15 menit.

2. Sementara menunggu marinasi ayam, buat sambal sate terlebih dahulu. Rebus semua bahan sambal hingga mendapat kekentalan yang sesuai. Tuang di wadah. 


3.Tusuk ayam yang telah dimarinasi. Jumlah setiap tusukan sesuaikan masing-masing. 


4. Siapkan panggangan. Untuk memudahkan proses ini, saya gunakan sarangan (tempat untuk meletakkan makanan saat dikukus dalam panci). Tunggu panasnya pas. Olesi ayam yang ditusuk dengan minyak, lalu panggang. 


5. Setelah dibolak-balik hingga seluruh bagian matang, sate taichan siap disajikan dan disantap. Yummy! 


Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar