Mencari Objek Wisata yang Sejuk dan Edukatif di Jakarta? Yuk, ke Faunaland Ancol Saja!!


Papan selamat datang ke Faunaland.
"Bu, hari ini kita kemana? Ke Monas ya?" tanya si sulung.


Berawal dari pertanyaan itu, akhirnya gagal berdiam saja di penginapan, he....  Dan hunting objek wisata lain di Jakarta yang pas untuk dikunjungi bersama anak-anak saat itu.

Ini adalah cerita saya bersama anak-anak saat berkunjung ke Faunaland.  Tepatnya tanggal 6 Maret 2020 kemarin.  Kunjungan ini sebetulnya mendadak.  Saya berkunjung ke Jakarta lantaran menemani bapaknya anak-anak yang bekerja.  Karena suatu alasan, beliau mengizinkan kami turut serta.  Akan tetapi, saat beliau bekerja, saya dan anak-anak diminta untuk mengisi waktu sendiri.  

Semula saya mengira anak-anak akan cukup menonton tv atau sesekali lihat Youtube, ternyata keinginannya sudah berbeda.  Akhirnya saya dan suami mencari alternatif tujuan yang bisa dikunjungi oleh saya dan anak-anak.  

Kenapa bukan Monas sesuai dengan permintaan anak-anak?  Menurut kami itu bukan tujuan yang tepat.  Mengingat sebelumnya pernah dua kali berkunjung ke sana, dan merasa kurang nyaman untuk anak-anak.  Apalagi kunjungan kali ini tanpa si bapak dan cuaca Jakarta diprediksi akan sangat terik (saya tengok di luar jendela hotel, he...).
Dengan mempertimbangkan jarak,kami memilih objek wisata mana yang terdekat dengan penginapan.  Saat itu kami menginap di Golden Sky Condotel Pluit. Dan akhirnya terpilihlah kawasan Ancol sebagai tujuan. 
Menunggu taksi online di depan penginapan, sulung dan adiknya.

Banyaknya objek wisata di Ancol membuat kami berpikir lagi, manakah yang paling pas dengan kebutuhan saat itu. Beberapa bahan pertimbangan kami antara lain, pertama, kondisi cuaca yang terik mengharuskan objek wisata tersebut harus adem.  Kedua, tidak berhubungan dengan air, karena tanpa bapaknya bermain air itu merepotkan.  Ketiga, tidak berhubungan dengan arena permainan, karena pengalaman sebelumnya lebih banyak mubazirnya, he.... Keempat, biaya terjangkau, beberapa objek wisata di kawasan Ancol harganya cukup tinggi, meski sebanding dengan yang ditampilkan. Dengan alasan-alasan tersebut, terpilihlah Fauna Land, sebuah kebun binatang mini. Alhamdulillah anak-anak senang.

Apa itu Faunaland?

Saya dan anak-anak berangkat dari penginapan menggunakan jasa taksi online. Moda tersebut memudahkan saya untuk mencapai lokasi tanpa repot dan bingung.  Hanya tinggal pesan, menunggu dan meluncur ke lokasi. Tapi, ternyata setelah melewati gerbang masuk kawasan Ancol, sopir taksi online-nya juga tidak paham posisi Faunaland, bahkan baru sekali itu mendengar. Ya, mungkin dibanding Dufan atau Sea World, objek itu masih kalah pamor ya. 

Jadi,setelah peta (maps) sudah menunjukkan tanda “sampai tujuan”, sopir masih harus turun bertanya pada seseorang posisi sebenarnya.  Karena tidak terlihat papan nama besar berbunyi Faunaland.  Dan, benar saja, memang harus masuk ke dalam kawasan Ecopark dulu untuk menemukan gerbang masuk Faunaland.  Catat ya, Teman!

Dilansir dari ancol.com (retrieved 8/3/2020), Faunaland adalah kebun binatang yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.  Lokasi ini berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 5 hektar yang terdiri dari daratan dan perairan.  Faunaland mengusung konsep Papua yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia sehingga menciptakan  keindahan flora,  fauna  dan seni budaya daerah tersebut.  Konsep ini menghadirkan satwa-satwa unik dan langka dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya wilayah timur Indonesia dan juga negara di dunia.

Tarif masuk untuk hari biasa (weekdays) adalah Rp 65.000,00.  Sementara akhir pekan adalah sebesar Rp 75.000,00.  Saat saya dan anak-anak berkunjung adalah saat hari biasa.  Sehingga kami membayar sepuluh ribu lebih murah.  Oya, sebelum masuk Faunaland, sebetulnya pengunjung masih harus membayar biaya saat masuk gerbang kawasan Ancol.  Tarifnya dihitung per orang sebesar Rp 25.000,00.

Sebetulnya ada banyak hal yang bisa dilihat di kebun binatang ini.  Akan tetapi tidak semua menarik dan nyaman untuk dilewati oleh anak-anak. Seperti taman burung atau persewaan perahu, kami abaikan.  Yuk, simak foto kunjungan kami di Faunaland berikut ini, semoga bermanfaat dan membuat Anda ingin berkunjung ke Faunaland.


Setelah pintu masuk, pengunjung akan melewati jembatan ini, setelahnya baru dimulai petualangannya melihat hewan-hewan.

Kura-kura raksasa Aldabra, salah satu hewan langka di Faunaland.
Kanguru putih yang tampak menggemaskan sangat menarik untuk anak-anak.
Berdiri sedekat mungkin dengan singa? Siapa takut! Tenang, ada dinding kaca tebal yang InsyaAllah aman.
Tempat untuk rehat yang sejuk dan cantik dengan lantai kayunya, kami habiskan waktu banyak disini untuk makan siang dan istirahat.

Jangan lewatkan Bird Show ya. Jadwalnya hanya pada pukul 11.00 wib dan 16.00 wib, jadi jangan sampai terlewat ya!


Keluar, menuju pulang, melewati jalan yang sama saat masuk.

Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar