Resep Urap Bumbu Mentah, Salad Asli Indonesia

Urap Sayur
Sumber: Dokumen pribadi. 
Menurut Wikipedia, urap (kadang dieja urab atau disebut jamak urap-urap) adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa. Urap adalah salah satu makanan asli Indonesia. 
Urap memiliki nama-nama lain tergantung daerahnya,  misal di Banyumas disebut Kluban,  sementara di Indramayu ada yang menyebut Rumbah bumbu kelapa. Apapun itu, penampakannya kurang lebih sama, secara umum.

Bagi penulis, urap adalah salah satu menu favorit. Ibu adalah orang pertama yang mengenalkan masakan tersebut dan akhirnya mengajarkan juga cara membuatnya. Hingga kini akhirnya menjadi menu favorit keluarga kecil penulis. 

Sebetulnya urap bisa dibuat dengan dua jenis bumbu,  yaitu bumbu matang dan bumbu mentah. Sesuai dengan jenisnya,  bumbu matang adalah bumbu urap yang dimasak. Perbedaanya bumbunya hanya terletak pada penambahan daun salam dan air saja saat memasak bumbu kelapa parutnya. Bumbu matang bisa tahan lebih lama, dibandingkan bumbu mentah yang hanya satu hari saja. 

Untuk urap bumbu mentah berikut ini saya catatkan resepnya secara utuh. 

Resep Urap Bumbu Mentah

Bahan:
1. Sayuran hijau, apapun sesuai selera
2. Timun
3. Petai cina
4. Kelapa parut
5. Bumbu:  cabai, bawang putih, kencur, terasi, gula merah, dan garam

Cara membuat: 
1. Rebus sayuran hijau hingga matang sempurna,  sisihkan dan tata bersama bahan lain. 
Sayuran yang telah siap untuk di urap (dicampur dengan bumbu.
Sumber:  Dokumen pribadi
2. Ulek semua bumbu hingga halus, campur dengan ampas atau kelapa parut secara merata. 
Bahan bumbu, siap diulek. Sumber:  Dokumen pribadi
3. Urap atau campur dengan semua sayuran hingga merata. Urap siap disantap.

Penulis memang tidak mencantumkan komposisi bahannya secara detail. Karena sejujurnya, memang penulis hingga detik ini masih belum bisa menemukan komposisi yang tepat yang bisa mencapai standar buatan ibu. Sebab Ibu pun selalu menjawab "kira-kira saja", saat penulis bertanya. Jadi buatan penulis terkadang enak, kadangkala merasa ada yang kurang, hehe. . .

Barangkali Anda mau mencoba resep mudah dan sehat ini dan mau berbagi rasa yang diperoleh, mantap,  lumayan atau kurang cocok,  komen di bawah ya.

Semoga bermanfaat!


*resep ini telah diterbitkan di Cookpad dan foto-fotonya ada di Instagram penulis.

Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar