4 Olahan Telur Sederhana yang Cocok untuk Menu Sahur


Foto: pixabay.com
Telur merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Hanya saja kini harganya sedang melambung tinggi. Saya masih ingat belum lama membeli telur dengan harga belasan ribu per kg, sekarang sudah sampai Rp 27.000,00/kg di pasar.
Namun meski mahal, telur memang tetap diminati. Selain karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Telur adalah bahan yang mudah diolah, hanya cukup digoreng saja dengan taburan garam sudah siap untuk dinikmati. Bahkan hampir setiap anak menjadikan telur sebagai menu sehari-hari mereka, termasuk anak-anak saya.
Nah, memasuki bulan puasa ini, telur pun terpaksa masih menjadi bahan wajib yang harus ada di dapur. Khususnya sebagai menu andalan saat sahur, demi kepraktisan dan kewaspadaan barangkali terlambat bangun atau dilanda rasa mengantuk yang berat, bisa saja kan ya? Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dijadikan variasi dalam mengolah telur, diperoleh dari pengalaman pribadi, dari kawan dan berbagai sumber.
1.       Telur Dadar Terasi
Caranya adalah dengan menambahkan terasi ke dalam kocokan telur yang akan didadar. Terasi yang sudah digoreng atau dibakar kemudian dihancurkan, ditaburkan secukupnya ke dalam telur. Bumbu yang digunakan sesuai selera, bisa bumbu lengkap atau hanya garam saja. Perlu diingat terasi cenderung asin, sehingga harus hati-hati saat menambahkan garam. Telur dadar ini dijamin mantap apalagi jika ditambahkan irisan cabe rawit merah ya!
Foto: berbagai sumber internet.
2.       Telur Dadar Kecap
Sama seperti cara sebelumnya, hanya perlu menambahkan kecap ke dalam kocokan telur dadar. Sensasi rasa manis akan membuat sajian telor dadar ini terasa berbeda.
Foto: berbagai sumber internet.
3.       Telur Gobal-Gabul
Sedikit informasi mengenai asal-muasal olahan telur ini, namun yang pasti ini merupakan salah satu menu andalan di sebuah rumah makan aneka sambal. Olahan ini berupa telur dadar yang dilengkapi dengan irisan bawang merah dan (atau) putih, daun bawang, tomat dan irisan cabai. Perpaduan rasanya sangat istimewa.
Foto: fat4free.blogspot.co.id
4.       Telur Dadar Kelapa Parut
Ada yang mengatakan ini adalah telur dadar Padang. Mengambil resep dari Diah Didi (Instagram bunda_didi, 5/5/2018), olahan ini dibuat dengan cara sebagai berikut, menambahkan bumbu halus (berupa bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, dan kunyit) ke dalam kocokan telur, selanjutnya masukkan irisan daun bawang, kelapa parut (dari kelapa muda), irisan cabai. Dan terakhir tambahkan tepung beras agar lebih renyah. Meski agak sedikit memerlukan waktu, namun resep ini layak loh untuk dicoba.
Foto: dokumentasi pribadi.

Apakah ada yang sudah pernah mencoba resep-resep di atas? Manakah yang difavoritkan? Silahkan memilih atau menambah kreasi yang lain, yang pasti bolehlah kita berharap, mudah-mudahan harga telur tidak bertambah naik ya. Selamat berpuasa buat semua yang menjalankan, salam semangat dari Bintu Tsaniyah! 

Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar