Inilah Alasan Pentingnya Wisata Edukasi

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cenderung cepat bosan.  Metode belajar di dalam ruangan saja sangat rentan menyebabkan kejenuhan.  Oleh karenanya, perlu sesekali dilakukan proses pembelajaran di luar kelas.  Salah satunya dengan melakukan wisata edukasi atau karya wisata.

Wisata edukasi adalah salah satu jenis tempat wisata yang sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah.  Kunjungan ini berbeda dengan rekreasi atau piknik yang biasa diselenggarakan setiap tahun dan memilih lokasi yang relatif jauh.  Wisata edukasi cukup berkunjung ke suatu tempat dimana anak dapat mengamati apa yang ada di dunia secara langsung, dan dapat dilakukan kapan saja.
Sumber: Koleksi Pribadi
Kegiatan wisata edukasi ini dilakukan dengan mengamati benda, tanaman atau hewan secara langsung.  Dengan melibatkan berbagai indera, seperti perasa, pendengaran, penciuman.  Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini, antara lain:
1. Memancing minat seorang anak terhadap hal tertentu;
2. Menambah informasi yang didapatkan di sekolah;
3. Pengalaman yang nyata dan benar-benar dialami secara langsung oleh anak;
4. Wawasan dan pengetahuan akan bertambah;
5. Menambah ilmu dan pengetahuan anak serta menambah perbendaharaan kata bagi anak;
6. Kemampuan bersosialisasi meningkat;
7. Sikap menghargai karya maupun jasa orang lain akan tertanam;
8. Anak lebih kreatif dan tidak pasif.
Wisata Edukasi Sapi Perah
Dalam memilih tujuan wisata edukasi, harus mempertimbangkan beberapa hal.  Pertama, pilihlah tempat yang disukai oleh anak.  Kebosanan anak dengan belajar lewat teori tanpa praktek secara nyata dan melihat langsung, akan terobati jika berkunjung ke lokasi wisata edukasi.  Kedua, memilih tempat yang menantang namun tidak berbahaya, untuk melatih percaya diri dan melawan rasa takut.  Ketiga, memilih tempat wisata yang sesuai dengan kondisi keuangan orangtua tanpa dipaksakan.
Salah satu tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi dengan kriteria di atas adalah mengunjungi peternakan sapi.  Di sini anak-anak dapat melihat para peternak bekerja, memberi makan sapi, merawat ternak, mengenal berbagai jenis sapi, hingga memerah susu sapi.
Sumber: Koleksi Pribadi
Lumer Fresh Milk yang berada di daerah Kuningan Jawa Barat bisa menjadi pilihan alternatif untuk melakukan wisata edukasi tersebut.  Lumer Fresh Milk sebetulnya adalah sebuah toko yogurt sekaligus resto keluarga, yang menyediakan berbagai macam produk olahan susu.  Namun, kemudian berkembang menjadi sebuah tempat untuk masyarakat mengenal proses pemerahan susu sapi.
Dengan biaya masuk sekitar tiga puluh ribu rupiah, anak-anak akan mendapatkan beberapa hal, diantaranya:
1.  Pengetahuan mengenai jenis-jenis susu dan macam-macam olahan susu
Pemandu yang disediakan oleh pihak tempat wisata akan menjelaskan kepada anak-anak mengenai berbagai macam jenis susu, seperti susu murni, susu uht, dan lain-lain.  Kemudian menunjukkan secara langsung berbagai macam produk olahan susu, di antaranya yogurt, puding hingga produk kosmetik, berupa masker kefir. 
Sumber: Koleksi Pribadi
2.  Melakukan pemerahan susu sapi serta memberi makan sapi secara langsung di kandangnya
Sebelum melakukan kegiatan ini, pemandu akan menjelaskan terlebih dahulu teknik yang benar dalam memerah susu sapi.  Hal utama yang diberitahukan kepada anak-anak sebelum praktek adalah jangan berisik, karena akan mempengaruhi produksi susu yang dihasilkan. 
3.  Fun Game
Setelah selesai praktek memerah susu sapi, anak-anak diajak untuk penyegaran dengan melakukan permainan-permainan. 
Demikianlah beberapa gambaran jika Anda berkeinginan untuk mengajak anak-anak melakukan wisata edukasi di peternakan sapi, khususnya di daerah Jawa Barat.  Lumer Fresh Milk bisa dijadikan alternatif pilihan.  Untuk lokasinya berada di daerah Cigugur, Anda dapat meminta bantuan Google Maps untuk menemukannya.
Wisata edukasi sangat diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran anak-anak di masa sekarang.  Namun, biasanya rasa atau unsur rekreasi malah terasa lebih kental dari unsur pembelajaran, jadi sasaran yang hendak dituju tatkala melakukan karya wisata bisa saja melenceng atau tidak tepat sasaran.
Semoga kegiatan wisata edukasi ini bisa semakin diterima oleh masyarakat luas, demi kemajuan anak-anak generasi penerus bangsa yang akan datang. 

Referensi:
https://tempatwisataunik.com/info-wisata/wisata-edukasi
https://web.facebook.com/pages/Kedai-Susu-Sapi-Yogurt-Lumer-Fresh-Milk/387157861412153

Link: http://tz.ucweb.com/12_1XuBX

Najiyyatul Ummah

3 komentar:

  1. Justru kegiatan seperti ini lebih mengasyikkan sebenarnya ya mbak, karena mereka bakalan dapat pengalaman lebih banyak..

    BalasHapus
  2. Waa...komen pertama di blog sepanjang hdupku, love love mbak Muyasss, hehe... makasih yaaa :)
    Iya, mbak bener banget. Tapi karena anak saya masih kecil dan takutan, jadi yang berkesan di perjalanan wisata edukasi pertamanya, malah soal naik bisnya :p

    BalasHapus
  3. Hihi, sy yang pertama, yaa..asyik..dapat hadiah, dong :D
    Kembali kasih, Mbak :)

    BalasHapus