3 Tips Menyetrika Pakaian agar Cepat dan Tidak Bikin Badmood

Sumber: www.pixabay.com
Bagi para ibu rumah tangga tanpa asisten, umumnya menyetrika adalah kegiatan yang paling tidak disukai. Harus duduk atau berdiri beberapa waktu di depan setrikaan yang panas sangat membuat penat. Namun, menyetrika tidak bisa diabaikan, karena kebutuhan pakaian yang rapi untuk seluruh penghuni rumah.
Ibu yang rajin menyetrika setiap hari pastilah tidak akan mengalami masalah berarti. Namun, bagi yang tidak, entah karena faktor kesempatan, kondisi badan yang kelelahan atau sakit, sudah dapat dipastikan pakaian kering menumpuk. Seringkali jika keadaan itu terjadi, Anda akan bingung mulai darimana, dan mencari cara agar cepat selesai.
Oleh karena itu, simaklah tiga tips berikut agar aktivitas menyetrika Anda menjadi cepat dan berjalan dengan menyenangkan.
1. Aturlah pakaian menjadi beberapa kelompok.
Pakaian terdiri dari beberapa jenis, ada kemeja, celana, kaos, gamis, jilbab, atau underwear. Anda dapat mengelompokkan berdasarkan hal itu. Bisa juga tergantung pada jenis pakaian, ada katun, sutra, dan lain-lain. Atau melihat fungsinya, seperti pakaian kerja, pakaian sekolah atau pakaian sehari-hari. Kelompokkan dengan rapi.
2. Menentukan kelompok jenis pakaian yang akan disetrika sesuai dengan mood (perasaan) dan kemampuan.
Pengelompokkan pakaian memang akan mempercepat menyetrika secara teknis, namun untuk memulai dari mana Anda perlu mempertimbangkan mood dan kemampuan. Tujuannya adalah agar ibu bisa menikmati aktivitas tersebut. Sehingga menyetrika menjadi menyenangkan.
Bisa memulai dari yang membutuhkan tingkat kerapian tinggi terlebih dahulu, kemudian baru yang biasa. Atau bisa jadi sebaliknya, untuk menghindarkan kehabisan tenaga di awal. Namun, jika kondisi pakaian yang berat dan ringan seimbang, sebaiknya mulailah dari yang berat (tingkat kerapian tinggi). Karena mood biasanya menjadi ringan. Ibaratnya setelah mendaki gunung tinggi, lalu menemukan dataran hijau yang sejuk. Alhasil, pekerjaan terasa lebih cepat pula.
3. Menghadirkan “teman” untuk menemani saat meyetrika.
“Teman” yang dimaksud bisa berupa musik, cemilan atau sekedar minuman es teh. Dengan adanya selingan, bisa menghilangkan lelah untuk sesaat, sebelum kembali berjibaku dengan setrika panas.
Demikian beberapa tips yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber: Pribadi

Link: http://tz.ucweb.com/12_2u4do

Najiyyatul Ummah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar